La Liga Akan Menganalisis Dugaan Pelecehan Rasis Terhadap Vinicius Saat Melawan Valencia

La Liga Akan Menganalisis Dugaan Pelecehan Rasis Terhadap Vinicius Saat Melawan Valencia

La Liga sedang menganalisis video yang dilaporkan menunjukkan Vinicius Jr dilecehkan secara rasial selama pertandingan Real Madrid di Valencia, menurut laporan BBC Sport.

Video yang diposting di media sosial diduga menunjukkan seorang penggemar anak-anak mengarahkan pelecehan terhadap pemain tersebut, lapor The Athletic.

Vinicius mencetak dua gol dalam hasil imbang 2-2 hari Sabtu dan merayakannya dengan mengangkat tinjunya ke udara.

Pemain berusia 23 tahun ini telah beberapa kali menghadapi pelecehan rasis selama berada di Spanyol.

Pada Mei 2023, Vinicius mengatakan “La Liga milik rasis” setelah dia dianiaya oleh fans Valencia di Mestalla.

Tiga orang kemudian ditangkap sehubungan dengan pelecehan tersebut dan Valencia didenda serta diperintahkan untuk menutup sebagian stadion mereka selama lima pertandingan, kemudian dikurangi menjadi tiga pertandingan pada tingkat banding.

Pelecehan rasis yang dihadapi Vinicius dalam 18 bulan terakhir meliputi:

September 2022 – Beberapa penggemar Atletico Madrid menyanyikan lagu-lagu rasis terhadap Vinicius di luar stadion Metropolitano sebelum Real Madrid memainkannya. Atletico Madrid kemudian mengutuk nyanyian yang “tidak dapat diterima” oleh “minoritas” penggemar.

September 2022 – Sejumlah pakar di Spanyol mengkritik selebrasi gol Vinicius yang menari-nari di depan bendera sepak pojok. Dia menjawab dengan mengatakan “kebahagiaan orang kulit hitam Brasil di Eropa” adalah penyebab kritik tersebut.

Desember 2022 – Vinicius tampak menjadi sasaran pelecehan rasis di Valladolid saat dia berjalan melewati fans setelah digantikan. Bulan berikutnya La Liga menyatakan telah mengajukan tuntutan terkait pelecehan rasis terhadap Vinicius ke “badan peradilan, administratif, dan olahraga terkait”.

Januari 2023 – Patung pemain sayap Real Madrid digantung di jembatan dekat tempat latihan klub sebelum pertandingan melawan Atletico Madrid di Copa del Rey. Atletico mengatakan insiden itu “menjijikkan”.

Februari 2023 – Penggemar Mallorca terekam diduga melakukan pelecehan ras terhadap pemain Brasil itu selama pertandingan melawan Real.

Maret 2023 – La Liga mengatakan “perilaku rasis yang tidak dapat ditoleransi sekali lagi terlihat terhadap Vinicius” dalam pertandingan melawan Barcelona dan telah melaporkan penghinaan rasis tersebut ke Pengadilan Instruksi Barcelona.

Mei 2023 – Vinicius mengalami pelecehan rasis terhadap Valencia . Tiga orang kemudian ditahan sehubungan dengan pelecehan tersebut.

Oktober 2023 – Vinicius memuji Sevilla yang bertindak cepat mengusir dan melaporkan seorang penggemar ke pihak berwenang karena diduga melakukan pelecehan rasial terhadapnya.

Oktober 2023 – Barcelona membuka penyelidikan setelah Vinicius diduga dianiaya oleh fans usai digantikan saat El Clasico.

One thought on “La Liga Akan Menganalisis Dugaan Pelecehan Rasis Terhadap Vinicius Saat Melawan Valencia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *